RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN
2 Tarogong Kidul
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
(Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
2.
Memahami bentuk aljabar,
persamaan dan
Pertidaksamaan linear satu
variabel.
Kompetensi Dasar : 2.1.Mengenali
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
o Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis,
dan suku tak sejenis.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Aljabar, yaitu mengenai:
a.
Mengenal bentuk aljabar.
b.
Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.
c.
Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku
sejenis.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan.
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis,
dan suku tak sejenis
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan Sumber
Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
- Buku
referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menjelaskan pengertian,
koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.
2. Dari
bentuk aljabar 2x + 3, manakah yang
merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
3. suatu
bilangan jika dikalikan 2, kemudian dikurangi 3 menghasilkan bilangan 5.
Tulislah kalimat berikut dengan menggunakan variabel x dan y
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Tarogong Kidul
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
19, Oktober 2015
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar