Selasa, 20 Oktober 2015

rpp KTSP smp kelas 7 (unsur-unsur bentuk aljabar)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     SMPN 2 Tarogong Kidul
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     1 (Satu)


Standar Kompetensi   :  ALJABAR     
2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
                                    Pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar         :              2.1.Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
o   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.      Materi Ajar
         Aljabar, yaitu mengenai:
a.       Mengenal bentuk aljabar.
b.      Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.
c.       Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan.
         Pertemuan Pertama     
         Pendahuluan       :  -  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.


E.  Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-     Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    
-     Buku referensi lain.
Alat :
-    Laptop
-    LCD
-    OHP

               F. Penilaian Hasil Belajar     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.
2. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
3. suatu bilangan jika dikalikan 2, kemudian dikurangi 3 menghasilkan bilangan 5. Tulislah kalimat berikut dengan menggunakan variabel x dan y



Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Tarogong Kidul



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

19, Oktober 2015
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar